PROPOSAL
PERMOHONAN KREDIT USAHA
Usaha
Rumah Makan
di
………………
STUDI KELAYAKAN BISNIS
2008
Bagian dari buku “Menangkap
Peluang Usaha”. penulis: Moh Abu Bakar (Abim Ashter)
……….., …………
200…..
Kepada Yth,
Bank
Cab. ……..
Di
…………
Up: Bapak………..
Dengan Hormat,
Perihal:
Permohonan
Kredit Usaha Rumah Makan
Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami
kirimkan proposal studi kelayakan bisnis dalam bidang usaha Restoran dan Cafe.
Usaha Rumah Makan ini merupakan usaha baru saya, tetapi saya mempunyai
permintaan pasar yang pasti dan mempunyai kontrak penjualan. Disamping itu saya
mempunyai pengalaman kerja dibidang usaha ini.
Besarnya investasi pembangunan
usaha ini adalah Rp 70.611..000 ( tujuh puluh jutau enam ratus sebelas ribu
rupiah). Sedangkan modal kami saat ini sebesar Rp 21.480.000, maka kekurangan
dana investasi sebesar Rp 36.131.000 (Tiga puluh enam juta seratus tiga belas
ribu rupiah) kami mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari Bank.
Selanjutnya sebagai
bahan pertimbangan dan analisa, kami lengkapi proposal ini dengan hasil analisa
tentang rencana perluasan usaha ini.
Demikianlah surat
permohonan ini besar harapan kami mendapat dukungan dana dari bank yang bapak
pimpin.
Terimakasih atas
perhatiannya.
Hormat Kami,
1.1 Latar Belakang
Prospek Pasar
Dengan
perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam
memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat
dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah,
memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal
inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak
begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah
kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga
yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia
yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian
diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan
usaha roti bakar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar
karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat.
Roti bakar ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat
memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, roti bakar ini dapat dinikmati
oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ini baik
orang yang sudah tua maupun orang muda.
Roti bakar ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari
maupun pagi hari. Roti ini akan lebih
enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, terlebih ketika cuaca
terasa dingin maka roti bakar sangat cocok sebagai makanan penghangat
tubuh.
1.1.2. Rencana Bisnis
Berdasarkan uraian diatas, maka kami optimis dan
mengambil kesimpulan untuk mengembangkan usaha roti bakar yang telah kami
miliki. Dengan adanya program ini, maka kami bermaksud untuk memperluas dan
mengembangkan usaha ini, namun untuk merealisasikan niat tersebut kami
membutuhkan modal terutama modal Finansial untuk mengembangkan usaha tersebut,
melalui Program Mahasiswa Wirausaha
(PMW) Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, kami berharap pihak Politeknik
Negeri Sriwijaya dapat memberikan modal yang kami butuhkan dalam pengembangan
usaha ini.
Dengan perkembangan usaha ini kami juga berharap dapat
membantu mereka yang membutuhkan pekerjaan, sehingga jumlah pengangguran dapat
berkurang. Dan apabila kami telah
berhasil dalam mengembangkan usaha ini dengan memiliki banyak grobak roti bakar
yang tersebar dimana-mana, maka kami mempunyai rencana untuk mendirikan pabrik
pembuatan roti bakar sendiri. Sehingga
kebutuhan akan roti yang kami perlukan untuk grobak kami dapat terpenuhi dan
tak harus memesan dengan orang lain.
Selain itu, kami juga dapat memasok kebutuhan akan roti terhadap
pedagang roti bakar yang lain. Untuk
mewujudkan niat ini, kami menerapkan sistem menabung yaitu dengan menyisihkan
sebagian penghasilan dari grobak roti bakar yang ada.
MODAL USAHA
Modal dasar usaha dan
telah disetorkan sebesar Rp 41.480.000 (Empat puluh satu juta empat ratus
delapan puluh ribu rupiah).
Surat-surat Izin
Surat-surat izin dan
referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal
ini adalah:
-
Surat izin Domisili
-
SIUP (Surat Izin Usaha
Pengusaha)
-
TDP (Tanda Dartar Perusahaan)
-
NPWP (Nomor Pokok Wajik
Pengusaha)
-
Sertifikat Rumah
-
Surat Kawin
-
Kartu keluarga
-
Kartu tanda penduduk (KTP)
1.1.3. Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
Usaha roti
bakar ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan
bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak
murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin
kesehatannya.
Dengan usaha
ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b. Manfaat Sosial
1. Bagi Pemilik
Dengan
melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah
bahkan ke luar negri. Usaha roti bakar ini cukup menjanjikan bagi kita, karna
masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya roti bakar
ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang
dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman
dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan
bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar.
Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen,
serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita
tetapkan, dan lain sebagainya.
2. Bagi Masyarakat
Dengan
adanya roti bakar ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara
tidak langsung dapat
membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah
berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
1.1.4. Tujuan Usaha
-
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
-
Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan
kegiatan usaha.
-
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan
masyarakat.
-
Membudayakan semangat, sikap,
prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
1.1.5. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang
terbaik.
1.1.6. Misi
-
Memberikan kualitas yang terbaik
-
Memberikan pelayanan yang terbaik
RINGKASAN USAHA
A. Biodata
Pemilik
Nama Pemilik : Firmansyah
Alamat :
Jln. Tanjung
Siapi-api KM. 9
Palembang
Jenis Kelamin :
Laki-laki
Tempat/Tanggal lahir :
Sukarami, 20
Februari 1992, Sekayu (MUBA)
Agama :
Islam
Nomor Telepon : 087897889415
e-mail : Firman2092@gmail.com
Pendidikan
Terakhir : SMA
Pengalaman : Jualan Roti Bakar
B. Manajemen
Nama Usaha : Roti Bakar istimewa
“SETETES TAPI BENING”
Nama Pemilik
: Firmansyah
Bidang Usaha
:
Makanan
Bentuk Usaha :
perseorangan
C.
Pemasaran
Produk yang Dipasarkan : Roti
Sasaran
Konsumen/Pembeli : Seluruh Masyarakat
Wilayah Pemasaran :
Palembang dan sekitarnya
Rencana Penjualan/Bulan :
450 bungkus roti bakar/Bulan
Penetapan Harga Jual :
Paling rendah Rp 10.000,- / bks
BAB II
USAHA YANG
DIAJUKAN
2.1.
Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini
kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
-
Coklat
-
Kacang
-
Keju
-
Strowberry
-
Nanas
-
Blueberry
-
Srikaya
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka
masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan
mereka masing-masing. Produk yang kami
berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin,
wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak
kesehatan.
2.2.
Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis
ini adalah sebagai berikut:
1.
Strengths (Kekuatan)
a. Penyajian dari roti bakar ini
sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
b. Harga dari roti
bakar ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
c. Roti bakar khas bandung yang kami
sajikan ini memiliki rasa yang lebih
nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
d. Karna roti bakar ini mempunyai
banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera
mereka masing-masing.
e. Perlengkapannya mudah di dapatkan.
2. Weakness (Kelemahan)
a. Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran
usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
b. Permintaan dari konsumen biasanya akan
menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
c. Faktor
kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
3.
Opportunities (Peluang /
kesempatan)
a.
Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan terutama pada malam hari, sehingga roti bakar
bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
b.
Sebagian besar
penjual roti bakar yang ada hanya menawarkan rasa yang umum seperti rasa
coklat, kacang, keju, srikaya, strawberry, blueberry dan nanas, maka saya
bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa Durian. Dengan rasa tersebut masyarakat yang
mempunyai suka mengkonsumsi durian tidak perlu menunggu musim durian tiba,
sehingga cukup membeli roti bakar dengan
rasa durian.
c.
Karna roti
bakar ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua,
maka pasar sasarannya mencakup semua
kalangan masyarakat.
4.
Threats (Ancaman)
Melihat dari bnyaknya permintaan masyarakat dalam
mengkonsumsi makanan makanan terutama roti bakar ini, maka persaingan dalam
menjalankan usaha ini pun cukup banyak.
Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen
kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan
terancam bangkrut. Untuk mengatasi
masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan
pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas
produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam
menjalankan usaha ini.
2.3. Marketing
Plan (Rencana Pemasaran)
2.3.1. Target Pasar
Usaha ini
berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir
jalan utama, seperti jalan kol H. Burlian, jalan Tanjung siapi-api,
jalan Demang lebar daun, dan lintas
timur. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh
masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal
sehingga usaha kami ini mudah
untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat
sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
2.3.2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan
tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik
konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita. Namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan
undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
2.3.3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan
kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli
produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau
untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai
dengan Rp15.000.
2.4.
STRATEGI
PEMASARAN
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan
adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana,
serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan
disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk
membeli roti bakar di tempat kita.
2. Dengan media
Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga
dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui
facebook, twitter, blog,dll. Karna
sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
3.
Pengembangan
Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti
diatas, selanjutnya untuk
mempromisikan usaha ini bisa menambah pasar baru untuk memperluas
jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti
bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh
masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat
pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan
Produk
Mengembangkan dari usaha ini dapat menambahkan rasa
yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga
yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para
konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin
luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga
menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara rapat
pada perusahaan.
5.
Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat
konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara
tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
a. Pada malam
minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli roti
dengan harga diatas Rp10.000,- maka, akan kami berikan diskon sebesar 10%.
b. Apabila
konsumen membeli roti bakar diatas 4 bungkus, maka kami akan menetapkan semua
harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
c. Selain itu,
apabila konsumen membeli roti bakar diatas 8 bungkus, maka kami akan menetapkan
semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
dan memberikan gratis satu bungkus roti bakar.
2.5. PRODUCTION PLAN (RENCANA
PRODUKSI)
a.
Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi
tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa
tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai
berikut:
1
|
Nanas +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
2
|
Nanas +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
3
|
Strawbery
+ Strawbery
|
Rp. 10.000
|
4
|
Kacang +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
5
|
Kacang +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
6
|
Kacang +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
7
|
Kacang +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
8
|
Coklat +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
9
|
Coklat +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
10
|
Coklat +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
11
|
Coklat +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
12
|
Blueberry
+ Strawbery
|
Rp. 10.000
|
13
|
Blueberry
+ Nanas
|
Rp. 10.000
|
14
|
Blueberry
+ Blueberry
|
Rp. 10.000
|
15
|
Blueberry
+ Coklat
|
Rp. 11.000
|
16
|
Srikaya +
Srikaya
|
Rp. 12.000
|
17
|
Srikaya +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
18
|
Srikaya +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
19
|
Srikaya +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
20
|
Srikaya +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
21
|
Srikaya +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
22
|
Keju +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
23
|
Keju +
Kacang
|
Rp. 10.000
|
24
|
Keju +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
25
|
Keju +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
26
|
Keju +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
27
|
Keju +
Srikaya
|
Rp. 12.000
|
28
|
Keju +
Keju
|
Rp. 12.000
|
29
|
Komplit
|
Rp. 15.000
|
a.
Kontrol Kualitas Produk
Dalam mengontrol kualitas produk dari
usaha ini agar dapat di konsumsi oleh
konsumen dengan baik, maka dilakukan pengecekan setiap hari terhadap rasa –rasa
dan roti yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak
jual.
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan
beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya (SDM) yang terlibat dalam
kelangsungan usaha ini, yaitu:
1. Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik,
maka kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor roti bakar ,
sehingga bahan-bahan dari roti bakar ini mudah didapatkan. Distributor
merupakan orang yang memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik
roti.
2. Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan roti bakar ini kita tidak
memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana
dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun /
telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan
remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
3. Masyarakat
Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya
masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga
harus memiliki hubungan baik dengan
masyarakat setempat, karna apabila kita tidak mempunyai hubunga baik
maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang
tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus mempunyai
sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
BAB III
ANALISIS KEUANGAN
3.1. Biaya Awal
Nomor
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Grobak
|
Rp 3.200.000
|
1
|
Dapat di gunakan dalam jangka
waktu yang panjang.
|
2.
|
Kompor
|
Rp 250.000
|
1
|
|
3.
|
Tabung Gas
3 kg
|
Rp 170.000
|
1
|
|
4.
|
Besi
Panggangan
|
Rp 300.000
|
1
|
|
5.
|
Alat
Pembakar
|
Rp 50.000
|
2
|
|
6.
|
Alat
Pemotong
|
Rp 82.000
|
2
|
|
7.
|
Top Les
|
Rp 100.000
|
7
|
|
8.
|
Lap Tangan
|
Rp 30.000
|
3
|
|
9.
|
Kotak
Sampah dan Ember
|
Rp 30.000
|
2
|
|
10.
|
Bola Lampu
|
Rp 100.000
|
3
|
|
11.
|
Kabel
|
Rp 50.000
|
1
|
|
12.
|
Saklar
lampu
|
Rp 40.000
|
1
|
|
13.
|
Merek
Usaha/banner
|
Rp 100.000
|
2 m
|
|
14.
|
Roti
|
Rp 60.000
|
20 Bungkus
|
Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)
|
15.
|
Rasa-Rasa
1.
Nanas
2.
Keju
3.
Strowberry
4.
Blueberry
5.
Kacang
6.
Coklat
7.
Srikaya
8.
Margarin
9.
Susu
|
Rp 12.000
Rp 18.000
Rp 12.000
Rp 15.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 9.000
|
1 kg
1 kotak
1 kg
1 kg
1 kg
1 kg
1 Bungkus
1 kg
1 Kaleng
|
|
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
|
Rp 4.700.000
|
3.2.
ANALISIS
RISIKO BISNIS
-
Modal Awal 5.000.000,-
Pendapatan
- Penjualan permalam rata-rata
sebanyak 15 Bungkus,
- Harga rata-rata: Rp 11.500 X 15 = Rp 172.500,-
- jadi, penghasilan bruto semalam = Rp 172.500,-
-
Laba Kotor
harian Rp 172.500,-
bulanan Rp 5.175.000,-
-
Biaya
Operasional/bulan
Gaji Karyawan Rp
600.000,-
Biaya
Transportasi Rp 200.000,-
Biaya Sewa Tempat Rp 200.000,-
*Biaya Bahan Rp 2.250.000,-
Total Biya Operasional Rp 3.250.000,-
-
Laba Bersih/bulan Rp 1.925.000,-
Break Even Point ( BEP) = Modal Awal/LB(bulan)
= 4.700.000,- :
1.925.000,-
= 2,5 Bulan
*Biaya bahan yaitu modal yang ditaksirkan dalam pembuatan satu
bungkus roti bakar. Perhitungannya yaitu:
-
Harga satu bungkus roti Rp3.000,-
-
Modal dari rasa dan susu yang diberikan dalam satu bungkus roti bakar
yang sudah dibakar ditaksirkan sekitar Rp2.000,-
- Jadi, Biaya Bahan yaitu:
Rp3.000,- + Rp2.000,-
= Rp 5.000,- /bungkus
- Biaya bahan/bulan = 30 x 15 x Rp 5.000,-
= Rp 2.250.000,-
3.3. LABA RUGI
KETERANGAN
|
TAHUN 1
|
TAHUN 2
|
TAHUN 3
|
A. LABA KOTOR
|
62.100.000
|
68.100.000
|
74.100.000
|
B. BIAYA-BIAYA
|
|||
|
7.200.000
|
7.800.000
|
8.400.000
|
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
|
27.000.000
|
28.000.000
|
29.000.000
|
TOTAL
BIAYA
|
39.000.000
|
40.600.000
|
42.200.000
|
E. LABA BERSIH
|
23.100.000
|
27.500.000
|
31.900.000
|
3.4. ARUS KAS
PROYEKSI ARUS KAS
( dalam Rp ) |
|||
Keterangan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
A. Penerimaan
|
|||
§ Penerimaan Pinjaman
|
5.000.000
|
||
§ Pendapatan
|
62.100.000
|
68.100.000
|
74.100.000
|
Total Penerimaan
|
67.100.000
|
68.100.000
|
74.100.000
|
B. Pengeluaran
|
|||
§ Pembelian Peralatan
|
5.000.000
|
1.500.000
|
1.000.000
|
§ Biaya gaji
|
7.200.000
|
7.800.000
|
8.400.000
|
§ Biaya Transportasi
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
§ Biaya Pemasaran
|
500.000
|
400.000
|
300.000
|
§ Biaya Bahan
|
27.000.000
|
28.000.000
|
29.000.000
|
§ Biaya Sewa Tempat
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
Total Pengeluaran
|
44.500.000
|
42.500.000
|
43.500.000
|
Selisih
kas
|
22.600.000
|
25.600.000
|
30.600.000
|
Saldo kas
awal
|
0
|
22.600.000
|
48.200.000
|
Saldo kas
akhir
|
22.600.000
|
48.200.000
|
78.800.000
|
3.5. NERACA
PROYEKSI
NERACA
( dalam
Rp. )
|
|||
Keterangan
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
1. AKTIVA
A. Aktiva
Lancar
- Kas
- Piutang
-
Persediaan
Total Aktiva Lancar
B. Aktiva Tetap
- Tanah
- Bangunan (
Sewa )
- Mesin dan
peralatan
- Investasi
- Kendaraan
- Dan
Lain-lain
Total
Aktiva Tetap
Akumulasi
Penyusutan
Nilai Buku
Aktiva Tetap
C. Investasi
Pra-operasi
Akumulasi
amortisasi
Nilai Buku
Aktiva Tak Berwujud
Total Aktiva (A+B+C)
|
22.600.000
-
-
22.600.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
27.600.000
|
48.200.000
-
-
48.200.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
53.200.000
|
78.800.000
-
-
78.800.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
83.800.000
|
2. KEWAJIBAN
DAN MODAL
A. Kewajiban Lancar
- Kewajiban
Dagang
- Kredit
Modal Kerja
Total
Kewajiban Lancar
B. Kewajiban Jk. Panjang
Kredit
Investasi
Total
Kewajiban Jk. Panjang
C. Modal
- Modal
Sendiri
- Laba Periode Lalu
- Laba
Total
Modal
Total
Kewajiban dan Modal (A+B+C)
|
-
-
-
-
-
-
1.000.000
-
23.100.000
24.100.000
24.100.000
|
-
-
-
-
-
-
10.000.000
-
27.500.000
37.500.000
37.500.000
|
-
-
-
-
-
-
20.000.000
-
31.900.000
51.900.000
51.900.000
|
ROI = (laba / total aktiva) x 100%
|
83,69 %
|
51,69%
|
38,06%
|
Dalam
bentuk tabel, berikut adalah ringkasan dari perhitungan pajak penghasilan Rumah
makan Roti bakar spesial
No.
|
Keterangan
|
Rp
|
1
|
Penghasilan Kotor
|
15.000.000
|
2
|
Pengeluaran (Biaya)
|
3.000.000
|
3
|
Penghasilan Kena Pajak (PKP) (1-2)
|
1.500.000
|
4
|
Kredit Pajak PPh 21
|
500.000
|
5
|
Kredit Pajak PPh 23
|
300.000
|
6
|
Pajak Penghasilan Badan (25% x (3)
|
900.000
|
7
|
Pajak Penghasilan Terhutang
((6)-(4)-(5))
|
1.000.000
|
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Negara: Indonesia
BalasHapusWhatsApp: +62 838-3669-4853
Alamat: Surabaya
email saya: nurbrayani750@gmail.com
nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.
Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu